Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Sejarah

informasi sejarah

Pengertian Sejarah

Secara etimologis, istilah sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun yang artinya pohon. Kata sejarah tersebut berarti pertumbahan, asal usul, keturunan, dan silsilah. Maksudnya bahwa sejarah itu ibarat sebuah pohon yang terus berkembang dari akar sampai ranting. Hal itu tercermin dari bentuk silsilah keluarga yang menyerupai akar pohon.

Di dalam bahasa Indonesia, kata sejarah berarti silsilah, asal usul, riwayat, dan hikayat. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sejarah adalah pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Kata asal usul atau istilah mengandung arti asal usul suatu keluarga. Kata riwayat berarti cerita yang turun-temurun.

Dalam bahasa Belanda, istilah sejarah ialah geschiedenis yang artinya terjadi. Dalam bahasa Inggris, kata sejarah (history) berasal dari bahasa Yunani, historia yang berarti apa yang diketahui.

Menurut kamus Webster, pengertian sejarah (history) adalah pengetahuan yang berhubungan dengan hasil pelacakan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia pada masa lalu.

Untuk dapat memahami pengertian sejarah yang lebih dalam dan luas, beberapa pakar telah mengemukakan pendapatnya tentang pengertian sejarah. Beberapa definisi atau pengertian sejarah, antara lain sebagai berikut.

1.  Edward Hallet Carr

Menyatakan bahwa history is a continuous, process of interaction between the historian and his facts, and unending dialogue between the present and the past. Artinya sejarah adalah suatu proses interaksi terus - menerus antara sejarawan dengan fakta - fakta yang ada padanya, merupakan suatu dialog yang tidak henti - hentinya antara masa sekarang dan masa silam.

2.  Robert V.Daniels

Menyatakan bahwa history is the memory of human group experience. Artinya sejarah adalah kenangan pengalaman umat manusia.

3.  James Banks

Menyatakan bahwa all the past event is history. Artinya sejarah adalah semua peristiwa masa lampau.

4.  Ibnu Khaldun

Mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia yang berisi perubahan - perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu.

5.  Muhammad Yamin

Mengemukakan bahwa sejarah ialah ilmu pengetahuan umum yang berhubungan dengan cerita bertarikh sebagai hasil penafsiran kejadian - kejadian dalam masyarakat manusia pada waktu yang telah lampau.

6.  Kuntowijoyo

Mengemukakan bahwa sejarah ialah rekonstruksi masa lalu.

7.  Collingwood

Menyatakan bahwa hsitory is a human past experience. Yang artinya sejarah adalah pengalaman umat manusia di masa lampau.

Terdapat pula sejumlah kata lain yang memiliki kemiripan arti dengan kata sejarah. Misalnya, kata kisah, tarikh, dan sejumlah istilah sejarah yang berasal dari berbagi bahasa daerah di Indonesia. Kata kisah dalam bahasa Arab berarti cerita kejadian dalam kehidupan seseorang.

Adapun kata tarikh mempunyai makna yang sama dengan kata sejarah, tambo, riwayat, dan kronik. Di dalam bahasa daerah di Indonesia terdapat beberapa kata yang mengandung arti sejarah. Misalnya, babad yang berasal dari bahasa Jawa, tambo yang berasal dari bahasa Minangkabau, dan teteek yang berasal dari bahasa Rote.

Kesimpulan

Itulah beberapa pengertian sejarah menurut para ahli yang ada. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Menurut R. Moh. Ali, sejarah terdiri atas tiga unsur penting. Pertama, peristiwa di dalam kehidupan manusia pada masa lampau. Kedua, cerita tentang peristiwa masa lalu yang tersusun secara sistematis. Ketiga, metode sejarawan untuk merekonstruksi secara kritis, analitis, dan imajinatif peristiwa pada kehidupan masa lalu.

Semoga dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan dan pembelajaran mengenai pengertian sejarah dari beberapa ahli yang ada di dunia, dimana hal tersebut merupakan bagian dari informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Apa itu Sejarah"