Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Norma - Norma yang Wajib Di Pahami

norma yang wajib dipahami

Setiap orang pasti memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut biasanya cenderung menimbulkan konflik. Oleh karena itu, dibentuklah norma-norma masyarakat guna menciptakan kerukunan antar sesama manusia.

Apa Itu Norma Masyarakat?

Dalam bahasa latin norma-ae berarti standar, aturan, pedoman, ukuran, dan kebiasaan. Menurut bahasa Yunani kata "nomoi" atau "nomos", memiliki arti hukum. Norma merupakan sebuah aturan dan ketentuan yang mengikat seseorang atau masyarakat.

Menurut KBBI, norma adalah aturan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Berisi suatu perintah, larangan, dan juga sanksi. Norma-norma dibuat sebagai panduan untuk mengatur serta mengendalikan tingkah laku seseorang.

Norma bisa diartikan sebagai patokan atau ukuran yang berguna untuk mengukur setiap tindakan serta perbuatan manusia. Dalam arti lain disebutkan bahwa, norma merupakan ketentuan atau panduan sebagai tolak ukur penilaian atau perbandingan terhadap sesuatu.

Norma yang berlaku merupakan kesepakatan dari masyarakat itu sendiri. Kesepakatan-kesepakatan tersebut tentunya wajib ditaati, dihormati, dan dilaksanakan. Apabila terjadi pelanggaran, maka tanggung jawab sepenuhnya ditanggung berdasarkan aturan yang ada.

Apa Fungsi Dibentuknya Norma dalam Masyarakat?

contoh norma masyarakat
Pertemanan, salah satu bentuk terwujudnya norma dalam masyarakat

Penetapan norma dianggap sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Aturan-aturan tersebut berfungsi supaya tidak terjadi kekacauan, kerusuhan, ataupun keributan antar sosial masyarakat. Simak beberapa fungsi lain dari adanya norma-norma berikut ini :

1. Mampu Mencegah Terjadinya Benturan dalam Kepentingan Masyarakat.

Setiap tindak sosial tentunya melibatkan banyak pikiran serta kerjasama dengan beberapa orang. Kepentingan masyarakat seharusnya memiliki sifat keterbukaan. Aparatur negara juga harus ikut berpartisipasi mencegah adanya benturan dilingkungan sekitar.

Menyalah gunakan kewenangan jabatan, hubungan pribadi atau kolompok kurang baik, dan selainnya akan memicu adanya benturan. Maka dari itu, pentingnya sebuah norma, perbaikan sistem, dan budaya akan mencegah terjadinya silang kepentingan tersebut.

2. Menciptakan Kehidupan Masyarakat Supaya Lebih Aman, Tentram, dan Tertib.

Berjalannya tingkah laku sesuai aturan dan adat budaya setempat, membuat kehidupan masyarakat menjadi aman, tentram, dan tertib. Namun, jika norma yang ada tidak dipatuhi dengan seksama, maka akan muncul konflik antar individu ataupun kelompok.

Pentingnya menerapkan nilai-nilai dalam norma adalah untuk mempererat tali persaudaraan dengan cara saling tolong menolong, gotong royong, dan menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama. Anda bisa menerapkannya untuk mewujudkan ketentraman disekitar.

3. Sebagai Petunjuk Bagi Setiap Manusia dalam Menjalani Kehidupan Bermasyarakat.

Fungsi dibentuknya norma atau aturan selanjutnya adalah untuk dijadikan pedoman bagi setiap manusia di dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap budaya lokal tentu mengajarkan aturan-aturan tertentu dan mengarahkan setiap masyarakatnya menjadi lebih baik.

Nilai-nilai masyarakat yang terbentuk pasti mengatur bagaimana pola kehidupan sesuai budaya lingkungan sekitar. Dengan begitu peran semua elemen menjadi penting untuk saling mengingatkan, sehingga setiap manusia mengikuti pentunjuk dalam menjalani kehidupan.

4. Dapat Mencapai Tujuan Bersama dalam Masyarakat

Tujuan dalam bermasyarakat mencapai kehidupan tentram dan nyaman. Tentu saja semua pihak harus turut andil mengambil bagian untuk mewujudkannya. Jika salah satu tidak bisa memenuhi, maka akan terjadi ketimpangan yang menimbulkan konflik.

Pentingnya tatanan dari suatu norma yang berlaku di masyarakat ini bisa berjalan dengan semestinya. Setiap manusia perlu menumbuhkan sifat simpati dan empati untuk menyokong terjalinnya hubungan baik untuk mencapai tujuan bersama dalam masyarakat.

Norma Agama dalam Kehidupan Bermasyarakat

Norma agama dijadikan sebagai pedoman hidup bagi setiap manusia. Sumbernya adalah berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Isinya berupa perintah, larangan, ajakan, serta ajaran yang dibedakan atas beberapa agama tertentu.

Beberapa agama yang diyakini oleh setiap orang pasti memiliki beberapa aturan atau norma masing-masing. Ajaran-ajaran tersebut bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Pelaksanaannya bersifat otonom tergantung dari kepercayaan individu tersebut.

Perintah yang ditetapkan oleh agama haruslah dikerjakan. Sedangkan bentuk larangan, harus dihindari atau ditinggalkan. Dan apabila melanggar serta tidak bisa mempertanggung jawabkannya, maka seseorang tersebut akan mendapatkan sanksi.

Setiap pemeluk agama meyakini bahwa jika seorang umat mematuhi perintah, maka akan diberikan ganjaran berupa pahala. Bergitupun sebaliknya, hukuman atau sanksi ditujukan untuk pelanggar adalah balasan dosa di akhirat kelak.

Norma Kesusilaan dalam Kehidupan Bermasyarakat

Norma kesusilaan merupakan peraturan sosial dari suara hati manusia. Ketika mampu menaatinya, berarti seseorang dikatakan terlatih untuk membedakan antara satu hal positif ataupun negatif, sehingga menjadikan masyarakat terhindar oleh perbuatan tercela.

Norma kesusilaan memiliki tujuan untuk mengatur setiap kelompok atau individu sehingga menjadi masyarakat tertib dan juga kondusif. Aturan ini bersifat universal serta bisa dilakukan oleh semua manusia yang menghendaki kesadarannya.

Menjadi orang jujur, menghormati sesama, saling membantu, dan tidak mengambil hak orang lain, merupakan sikap yang mencerminkan nilai-nilai perbuatan kesusilaan. Jika seseorang melanggar norma tersebut, sanksinya adalah berupa pengucilan ataupun penyesalan batin.

Selain penyesalan yang dirasakan oleh pelanggar norma, bentuk sanksi individual lainnya yaitu akan mendapatkan kecaman, atau sindiran serta prasangka buruk dari masyarakat dan lingkungan sekitar. Sanksi-sanksi tersebut akan berakhir seiring berjalannya waktu.

Norma Kesopanan dalam Kehidupan Bermasyarakat

Berangkat kerja atau sekolah harus mencium tangan orang tua. Anda jarang melakukan aturan itu? Hal tersebut tentu dinilai sebagai tidakan melanggar norma kesopanan. Bagaimana bisa? Simak ulasan berikut ini.

Norma kesopanan termasuk panduan yang mengatur tingkah laku dari setiap manusia supaya sesuai dengan kaidah sopan santun di dalam ketetapan masyarakat itu sendiri. Bentuk penerapannya adalah seperti menghormati dan menghargai setiap kultur masyarakat.

Norma ini dijadikan sebagai pedoman untuk setiap manusia dalam menciptakan keharmonisan dalam sebuah kelompok. Hal tersebut memiliki tujuan supaya tercipta rasa nyaman, tertib, dan tentram di kehidupan sosial.

Apabila Anda mematuhi serta menerapkan norma kesopanan ini, maka akan dipandang sebagai masyarakat yang santun serta berhak untuk dihargai. Selain itu, juga pasti bisa terhindar dari bahaya berupa gangguan dari orang lain.

Norma Hukum dalam Kehidupan Bermasyarakat

contoh norma hukum
Norma Hukum penting dalam kehidupan bermasyarakat

Norma hukum bersumber dari pemerintah atau negara yang telah diatur dalam UU. Tujuan pembentukannya adalah untuk memberikan perlindungan terhadap kepentingan di setiap pergaulan hidup masyarakat. Tidak heran jika bersifat memaksa dan mengikat.

Berbeda dengan norma-norma sebelumnya. Norma hukum cenderung bersifat memaksa. Aturan ini menjadi pelengkap bahkan memiliki ketetapan sanksi yang tegas, mengikat, dan nyata. Seperti hukuman bui atau penjara serta berupa denda.

Sanksi atau hukuman tegas itulah yang merupakan kelebihan dari adanya norma hukum dibandingkan dengan lainnya. Sebab, negara memiliki kuasa penuh untuk memaksakan setiap aturan supaya dipatuhi oleh warga yang bertindak melawan hukum.

Berdasarkan sifatnya, norma hukum memiliki dua jenis yaitu (pidana dan perdata) dan (hukum adat) atau hukum tertulis dan tidak tertulis. Keduanya sama-sama bersifat mengikat dengan sanksi tegas yang tidak bisa diganggu gugat.

Penutup

Itulah beberapa norma-norma dalam masyarakat yang wajib diketahui. Beberapa ulasan diatas akan membantu Anda untuk memahami tentang, bagaimana cara bertindak dengan baik dan benar sesuai aturan.

Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Norma - Norma yang Wajib Di Pahami"