Sejarah Munculnya Sepatu dari Zaman Kuno sampai Abad 20-an

sejarah munculnya sepatu

Hampir setiap hari semua orang menggunakan alas kaki satu ini, baik itu untuk ke sekolah, tempat kerja, maupun hangout dengan teman-teman. Namun, apakah Anda sudah mengetahui sejarah munculnya sepatu?

Sejarah Awal Munculnya Sepatu

Awal munculnya sepatu dan kebiasaan menggunakannya di peradaban manusia diperkirakan sekitar 40.000 tahun lalu. Hal tersebut karena pada saat itu sudah ditemukan tulang jari kaki lemah, sehingga pasti membutuhkan alas kaki untuk melapisinya.

Penemuan sepatu tersebut kira-kira zaman paleolitik tengah, sedangkan pada masa hulu diduga tidak terlalu konsisten saat menggunakannya. Karakteristik mulanya alas kaki ini yaitu lunak, dari kulit sampu, serta menyerupai mokasin.

Para arkeolog menemukan sepatu awal pertama tersebut berada di Gua Fort Rock. Tepatnya pada Negara bagian Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1983. Perkiraan umurnya yaitu sekitar 7.000 sampai 8.000 Sebelum Masehi. Sangat tua bukan?

Sejarah Sepatu Pada Masa Sebelum Masehi

Sejarah perkembangan sepatu setelah ditemukannya yang pertama pada 8000 tahun sebelum masehi ternyata cukup merambah pesat. Buktinya banyak jenis lain pada masa tersebut, yaitu:

1. Sepatu Pada Zaman Mesir Kuno

Pertama, yaitu sepatu mesir yang diperkirakan ada sejak tahun 1550 sebelum masehi. Terbuat dari anyaman buluh, bentuknya terbuka, dan datar seperti perahu. Bahkan di alas kaki tersebut terdapat tali untuk semakin merekatkannya di kaki para penggunanya.

Selain itu, ternyata pada zaman tersebut, terdapat sandal Thong yang sempat menjadi trend pada masa kehidupan mesir kuno. Alas kaki ini terbuat dari papyrus dan daun palem. Bahkan beberapa negara juga mengenakannya seperti: Afrika, China, Jepang, serta Amerika Serikat.

2. Sepatu Bebat Kaki

Model sepatu kedua yang menjadi terkenal pada masa sebelum masehi adalah bebat kaki. Alas kaki ini khusus untuk perempuan kekaisaran tiongkok pada abad ke 10 SM. Ukuran mungilnya membuat terdapat aturan untuk membebat kaki dari wanita bangsawan tersebut sejak kecil agar tetap 8 cm.

Pembebatan kaki tersebut bahkan menjadi hal biasa bagi wanita berstatus sosial tinggi. Namun karena prakteknya yang kurang memanusiakan perempuan bangsawan, akhirnya pada tahun 1911 praktek ini tidak diperbolehkan.

3. Sepatu Rami

Selanjutnya yang semakin melengkapi sejarah alas kaki ini pada zaman sebelum masehi adalah sepatu rami. Model ini menjadi terkenal pada masyarakat sekitar tahun 68 sampai 65 SM. Banyak ditemukan di jalur sutra kuno.

Dinamakan demikian karena sepatu ini terbuat dari tanaman rami yang dijahit menggunakan teknik sama dengan perca atau quilting. Karena berada pada jalur sutra kuno, maka penggunanya berasal dari tiongkok utara, seperti tentara terakota Xi’an.

Sejarah Sepatu Pertengahan Masehi

Sejarah munculnya sepatu semakin berkembang sampai pertengahan masehi, terutama pada bagian benua eropa. Contohnya seperti:

1. Sepatu Poulaine

Memiliki nama lain Crakow, sepatu ini menjadi populer pada kalangan bangsawan eropa pada era sekitar abad ke 12 sampai 15 Masehi. Gaya alas kaki tersebut memiliki karakteristik ujung lancip atau runcing ke depan yang panjang dan sempit serta terdapat tali diikatkan ke lutut.

Sepatu ini terbuat dari kulit dengan motif beragam. Bahkan kepopulerannya sampai di seluruh benua Eropa dan Venesia. Banyak orang menggunakannya untuk menyimbolkan kekayaan & status sosial. Padahal bentuknya yang lancip menyakiti kaki mereka dan sampai bisa membuat tidak bisa berjalan.

2. Sepatu Ujung Bulat

Berkebalikan dengan sebelumnya yang memiliki ujung lancip, sepatu ini berujung bulat. Populer pada tahun 1500-an masehi, alas kaki tersebut banyak ditemukan di Inggris. Bahkan ada juga yang mempunyai tepian kotak.

Pada masa tersebut, sepatu ini banyak diperuntukkan untuk kalangan anak-anak. Bahan dasarnya terbuat dari kulit dan memiliki tali pengait melintang pada bagian atas. Bahkan sampai saat ini, Anda masih sering menjumpainya dalam model alas kaki anak-anak khususnya untuk sekolah.

3. Sepatu Hak Tinggi

Model selanjutnya pada masa pertengahan masehi yaitu memiliki hak tinggi. Banyak sekali variasi modelnya. Sepatu tersebut banyak digunakan pada masa sekitar renaisans oleh raja-raja di eropa. Bahkan haknya bisa mencapai 30 cm.

Salah satu model dari sepatu hak tinggi terkenal pada abad ke 15 sampai 17 adalah chopine. Seperti bakiak, haknya terdapat pada bagian depan sampai belakang. Selain itu terdapat juga gaya barok yang populer dari tahun 60-an. Ciri khasnya yaitu bahan beludru, satin, dan hiasan bunga atau permata.

Sejarah Sepatu pada Tahun 1800, 1900-an Sampai Sekarang

sepatu jaman sekarang
Contoh Model Sepatu Jaman Sekarang

Pada tahun 1800-an sampai sekarang, model dari sepatu semakin berkembang pesat sesuai kebutuhan zaman. Berikut adalah dua contoh yang paling terkenal sampai sekarang.

1. Sepatu Bot Kulit & Hak Tinggi

Sepatu pertama yang menjadi terkenal pada abad 18-an adalah model bot kulit. Awal mulanya digunakan sebagai perang napoleon, saat tahun 1900-an mulai menjadi mode baru alas kaki. Jenis ini banyak disukai oleh kaum laki-laki.

Hal tersebut karena sepatu bot kulit begitu praktis dan tahan lama. Terdapat suatu pembedaan model sepatu pada masa itu, sehingga perempuan lebih menyukai menggunakan hak tinggi sebagai mode fashionnya.

2. Sepatu Sneakers

Selanjutnya yaitu terdapat model sneakers. Banyak brand jenis tersebut dan awal mulanya di masyarakat, contohnya sejarah perkembangan sepatu nike bermula pada tahun 1964 di Amerika serikat.

Selain itu, terdapat sejarah perkembangan sepatu vans, suatu brand sneakers terkenal lainnya. Mulai muncul pada 1966 di California. Hanya terpaut dua tahun dengan nike, model ini berhasil menggaet konsumennya sendiri.

Penutup

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai sejarah awalnya sepatu, banyak model yang berkembang sampai saat ini di kalangan masyarakat. Sangat menarik bukan?

Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Munculnya Sepatu dari Zaman Kuno sampai Abad 20-an"