Sejarah Papua Nugini dan Perjuangan Papua Merdeka

sejarah papua nugini

Pulau yang berada paling timur wilayah Indonesia ini ternyata memiliki banyak hal yang bisa digali lebih dalam. Tidak heran, jika sejarah papua nugini dan perjuangan papua merdeka menarik untuk dibahas.

Asal Mula Nama Papua dan New Guinea

Banyak orang bertanya-tanya, apakah kedua wilayah tersebut aslinya berada dalam satu kepemimpinan? Atau bagaimana sejarah papua nugini lepas dari Indonesia? Namun tidak banyak yang mengetahui asal mula nama dari keduanya.

Pada tahun 1520-an, rombongan pelaut portugis merupakan kelompok pertama yang datang pada bagian barat pulau tersebut. Jorge de Maneses sebagai pimpinan menamakan daerah tersebut dengan nama “Ilhas dos Papuas” berarti “Tanahnya orang-orang berambut keriting”.

Kemudian pada tahun 1540-an, seorang penjelajah spanyol bernama Inigo Ortiz de Retez sampai pada pantai utara pulau Papua. Dia memberikan nama “Neuva Guinea” pada tempat tersebut karena penampilan dari penduduk aslinya mirip dengan warga asli Guinea, Afrika bagian barat.

Sebelum Masa Perang Dunia Pertama

Berlanjut pada masa sebelum perang dunia pertama. Bisa dibilang pada waktu itu awal mula sejarah papua nugini memisahkan diri dari Indonesia. Pada era tersebut, pulau ini terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu bagian barat, dan timur yang dibagi dua: utara dan selatan.

Setengah wilayah papua, yaitu pada bagian barat dikuasai oleh belanda. Mulai pada tahun 1828 Provinsi tersebut resmi diklaim olehnya. Dengan adanya klaim tersebut, tinggal wilayah pada daerah timur yang belum mendapatkan kekuasaan penjajah.

Kemudian pada tahun 1870-an armada Inggris pimpinan John Moresby melakukan penjelajahan di pantai selatan pulau papua. Pada akhirnya mereka mengklaim wilayah tersebut menjadi kekuasaan atau jajahannya.

Papua Nugini Usai Perang Dunia Pertama

Usai perang dunia pertama berakhir, pengelolaan teritori papua dari tangan Inggris diserahkan kepada negara federasi Australia. Pada tahun 1884 Jerman yang sedang meluaskan kekuasaannya mengklaim pulau tersebut pada bagian timur merupakan jajahan mereka.

Namun akhirnya wilayah kekuasaan jerman tersebut lepas karena sempat terjadi pemberontakan oleh pribumi yang tidak menyukai kebijakan mereka. Belanda dan Inggris pun berjibaku menguasai pulau tersebut, pada akhirnya mereka membuat batas wilayah kekuasaan masing-masing.

Baik papua barat maupun nugini, keduanya berasal dari kekuasaan kolonial berbeda sehingga tidak dapat bersatu. Maka bisa dibilang tidak ada sejarah papua nugini lepas dari Indonesia, karena dari awal diputuskan bahwa yang termasuk wilayah nusantara adalah bekas kekuasaan hindia-belanda.

Papua Nugini Masa Perang Dunia Kedua

Pada masa perang dunia kedua, pulau papua tak luput menjadi wilayah invasi pasukan jepang yang berencana menjadikan sebagai loncatan menuju Australia. Namun Amerika Serikat mampu menggagalkan upayanya dengan mencegat dalam pertempuran laut koral Mei 1942.

Meskipun gagal melakukan invasi via laut, Jepang tetap melancarkan serangan-serangan kepada sekutu pada jalur darat. Apalagi pulau papua penuh dengan pegunungan dan hutan yang rimbun, sehingga akan sangat memudahkan untuk menyerang atau menyerang diam-diam,

Sejarah papua nugini dan perjuangan papua merdeka berlanjut pada akhir perang dunia kedua. Wilayah pada bagian utara dan selatan akhirnya resmi dilebur dan lahirlah teritori dari papua dan New Geuinea pada tahun 1949.

Sejarah Awal Mula Merdekanya Papua Nugini

bendera papua nugini
Bendera Papua Nugini

Wilayah teritori dari papua geuinea baru tersebut berada di bawah naungan negara federasi Australia. Pada tahun 1951 mereka pertama kali memiliki parlemen sendiri, tapi baru pada 1961 penduduk asli nugini dilibatkan dalam pemilu.

Semakin dengan berjalannya waktu, jumlah kursi parlemen bertambah hingga mencapai lebih dari 100 pada tahun 1972. Sebelumnya ketika 1971, nama teritori dari dua wilayah tersebut resmi diubah menjadi Papua Nugini.

Pada tahun 1972, pimpinan papua nugini yaitu Michael Somare melakukan beberapa pembicaraan dengan pemerintah Australia untuk mengusung pendirian negara mandiri yang merdeka, mereka pun kemudian menyetujuinya. Lalu akhirnya resmi merdeka pada 16 September 1975.

Sejarah Perjuangan Papua Merdeka

Beralih dari wilayah nugini, ternyata daerah papua bekas hindia-belanda yang berhasil menjadi bagian dari Indonesia memiliki sejarah panjang dalam perebutannya. Berikut adalah beberapa uraiannya:

1. Adanya Tri Komando Rakyat (Trikora)

Sebenarnya saat awal kemerdekaan, wilayah papua barat belum termasuk pada bagian dari Indonesia. Belanda masih ingin menguasai daerah tersebut dan tidak mengakui kemerdekaannya, karena sumber daya alamnya yang begitu banyak dan melimpah.

Dari 1945 sampai 1960, Indonesia berusaha mengusahakan penyelesaian bilatral dengan Belanda, namun tidak ada kesepakatan di dalamnya. Akhirnya pada tahun 1961 Soekarno membentuk Trikora untuk menggagalkan pembentukan negara boneka papua dan mengibarkan merah putih disana.

2. Penentuan Pendapat Rakyat

Munculnya perjanjian New York yang ditandatangi Indonesia, Belanda, dan PBB pada Agustus 1962 membuahkan hasil bahwa Indonesia akan mengurus papua secara Adminstratif. Namun harus ada referendum yang dinamakan Penentuan Pendapat Rakyat sebagai penentuan dari warga papua.

Penentuan Pendapat Rakyat berlangsung pada tahun 1969. Hasil akhirnya yaitu sebagian besar penduduk papua ingin bergabung dengan Indonesia. Maka resmilah menjadi bagian dari negara ini. Namun dari Pepera ini ternyata menimbulkan beberapa konflik.

3. Mengenal Gerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Ternyata dari penentuan pendapat rakyat pada tahun 1969, memicu ketidakpuasan dari beberapa pihak. Hal tersebut karena yang menghadiri pepera hanya sebagian warga. Selain itu, juga terdapat pemberian kontak karya kepada Freport untuk mengeruk gunung bijih di Papua.

Kedua faktor tersebut merupakan pemicu dari lahirnya gerakan organisasi papua merdeka (OPM). Tujuan dari organisasi tersebut adalah untuk melahirkan kemerdekaan papua secara mandiri. Namun pemerintah berhasil mengurangi bahkan menumpas gerakannya.

Penutup

Seperti itulah sejarah papua nugini dan perjuangan papua merdeka yang bisa Anda jadikan referensi sebagai wawasan kebangsaan. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Papua Nugini dan Perjuangan Papua Merdeka"