Mulailah Sadar dan Mari Lestarikan Budaya Bahasa Daerah

mari lestarikan budaya daerah

Jika Anda mencintai negaramu, maka mari lestarikan budaya bahasa yang ada di sekitarmu! Ya. Rasanya ungkapan ini memang harus mulai diikrarkan sejak kini supaya masyarakat paham akan pentingnya hal itu.

Pentingnya Melestarikan Budaya Bahasa Daerah

Indonesia yang kaya akan bangsa dan bahasa, tentu wajib untuk dilestarikan. Tak hanya itu saja, khususnya bahasa daerah ketika mulai ditinggalkan seharusnya mulai diingat lagi dan digunakan kembali sebagai bahasa sehari-hari.

Mengapa demikian? Anak muda di era modern seperti saat ini sudah abai dan melupakan bahasa daerahnya masing-masing. Padahal, hal tersebut begitu berisiko karena bisa menghilangkan bahasa daerah secara perlahan-lahan sehingga terlupakan.

Bukan hanya pemerintah saja, melainkan semua elemen masyarakat harus mau untuk memakai bahasa daerah agar tetap lestari dan digunakan hingga saat ini. Jangan sampai melupakan atau bahkan mengabaikannya secara sengaja hanya sekedar merasa dirinya yang paling gaul.

Langkah yang Bisa Dilakukan untuk Melestarikan Bahasa Daerah

Meski banyak dari masyarakat yang tidak mahir dalam berbahasa daerah. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan agar bisa menggunakannya, yaitu dengan berlatih terus-menerus. Meski sulit, cobalah untuk mempelajarinya. Untuk itu, berikut upaya untuk melestarikan bahasa daerah.

1. Membentuk Komunitas Belajar Bahasa Daerah

Siapa bilang jika komunitas bahasa daerah tidak seru? Karena sebenarnya menyenangkan atau tidaknya sesuatu diukur dari diri sendiri. Anda bisa merasa sedih karena pemikiranmu sendiri maka hilangkan pikiran negatif itu dulu.

Sebaliknya, ciptakan ruang komunitas belajar bersama tentang bahasa daerah yang menyenangkan sehinggaakan lebih tertarik dengan hal tersebut. Jadi, belajar akan jauh lebih seru bukan? Namun hal ini akan terasa mudah jika sedari kecil sudah muali dilakukan.

2. Semangat Belajar Bahasa Daerah

Bagi yang belum bisa menggunakannya,maka bisa mulai untuk berlatih dengan semangat. Jangan menyerah dalam melakukannya dan lakukan terus-menerus. Lama-lama, jika telaten maka pastinya akan bisa mendalaminya lebih dari siapapun.

Asalkan kuncinya Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat, serta semangat luar biasa untuk bisa dan mau belajar. Dalam belajarpun tidak harus diforsir secara berlebihan, namun harus secara pelan-alan agar semua materi terserap dalam otak dan fikiran masing-masing.

3. Membuat Karya Tulis Berbahasa Daerah

Siapa sangka jika dengan membuat karya tulis berbahasa daerah dan berlatih terus-menerus melalui tulisan bisa membuatmu semakin mahir dalam berbahasa daerah? Ya, buatlah dengan beragam cerita dan sudut pandang.

Tema dengan kebudayaan lokal menjadi salah satu yang cocok untukdipadupaankan dengan karangan bahasa daerahmu. Dengan begitu, Anda bisa mengasah keterampilan dalam menggunakannya, alhasil akan bisa lebih cepat mahir.

4. Membuat Video Tutorial Berbahasa Daerah

Anda juga bisa mulai membuat video tutorial menggunakan bahasa daerahyang bisa digunakan untuk berlatih atau mempromosikan bahasa tersebut sesuai dengan daerah asalmu. Dengan begitu, bukan hanya diri sendiri yang belajar tetapi orang lain juga bisa melakukannya.

Melestarikan bahasa dengan video juga lebih terkesan modern dibandingkan dengan cara lama yang terkesan membosankan. Hal ini (cara modern) jauh lebih diminati daripada menggunakan cara-cara yang ketinggalan zaman (kuno).

Penutup

Itulah tadi ulasan agar Anda bisa mengajak orang lain untuk mari lestarikan budaya bahasa daerah masing-masing. Melestarikan bahasa daerah tidaklah sulit bukan? Semua itu tergantung dari niat dan kemauan seseorang. Oleh karena itu, lakukan mulai dari sekarang juga!

Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang budaya dan bahasa indonesia serta menambah wawasan dalam informasi pendidikan.

Posting Komentar untuk "Mulailah Sadar dan Mari Lestarikan Budaya Bahasa Daerah"