Sejumlah Fakta Menarik Terkait Sejarah Bahasa Indonesia

mengenal sejarah bahasa indonesia

Membahas seputar sejarah bahasa Indonesia rasanya memang tidak akan ada habisnya. Masa lampau menyimpan banyak sekali misteri yang kadang sulit untuk dikulik lebih dalam. Lalu apa saja yang melatar belakanginya?

Mengenal Sekilas Tentang Sejarah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia sendiri lahir pada 28 Oktober 1928 tepat di Hari Sumpah Pemuda. Kemudian, bahasa ini dikukuhkan menjadi bahasa nasional yang terbuang dalam UUD 1945 Bab XV, pasal 36. Siapa sangka jika ini masih berkaitan dengan Melayu yang mana lebih dulu digunakan.

Pada dasarnya bahasa Indonesia bermula dari bahasa Melayu, yang mana di zaman kerajaan dulu menggunakan Melayu Kuno sebagai bahasa perantaranya. Buktinya terdapat di Prasasti Kedukan Bukit yang berangka 683 M merupakan sebuah peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Perkembangan bahasa Melayu sendiri semakin pesat hingga akhirnya diangkat menjadi bahasa Indonesia. Beberapa faktor yang melatar belakanginya, yaitu bahasa pengantar Indonesia, mudah dipahami, penerimaan, dan kemampuan sebagai bahasa kebudayaan.

Fakta Menarik tentang Bahasa Indonesia

Banyak memang murid yang justru memiliki nilai bahasa Inggris lebih tinggi dibandingkan dengan bahasa Indonesianya. Mengapa bisa demikian? Ternyata, hal ini berkaitan erat dengan sejumlah fakta berikut dan penting untuk diulas lebih lanjut.

1. Dikenal sebagai 10 Bahasa Tersulit di Dunia

Berdasarkan sebuah penelitian di London tentang kualitas rekaman audio menebak bahasa yang dipakai seseorang. Disimpulkan bahwa bahasa Indonesia masuk ke dalam 10 bahasa paling sulit dikenali.

Alasannya, karena logat bahasa Indonesia cenderung lurus dan terkesan tidak memiliki irama dalam pengucapannya. Bahasa lain yang sulit dikenali adalah Kanada, Fiji, dan juga Shona.

2. Pelantikan Walikota Somersworth, Amerika Serikat

Tepatnya pada Hari Kamis, 7 Januari 2016 bahasa Indonesia digunakan untuk pelantikan Walikota Somersworth, Amerika Serikat. Justru hal ini menjadi begitu istimewa karena pihak bersangkutan memintanya secara langsung.

Siapa sangka jika pelantikan walikota yang juga dilaksanakan di Somersworth, Amerika Serikat ini menjadi momentum yang tidak dapat dilupakan hingga sekarang. Rupanya, Indonesia memiliki tempat istimewa di sana ya.

3. Bahasa Resmi Kedua Negara Vietnam

Tepat pada Desember 2007, pemerintah Vietnam secara resmi mengumumkan terkait bahasa Indonesia yang dijadikan sebagai bahasa kedua di sana. Bahkan untuk penggunaannya disejajarkan dengan Inggris, Perancis, dan Jepang.

Pada akhirnya, sejumlah universitas di Vietnam membuka prodi bahasa Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Hong Bang dan Universitas Nasional HMC.

4. Bahasa ke-9 yang Paling Banyak Digunakan

mari lestarikan buda indonesia
Bangga berbahasa Indonesia

Siapa sangka bahasa Indonesia menjadi bahasa ke-9 terbanyak digunakan di dunia. Terdapat, sekitar 45 negara yang mengajarkan ini di wilayahnya. Bahkan, juga sangat populer ke-4 di Australia.

Tidak sedikit anak-anak kelas 6 SD di Australia yang kemudian sangat mahir berbahasa Indonesia. Hingga beberapa negara memutuskan untuk membuka prodi bahasa Indonesia saking populernya di dunia untuk mengasah kemampuan bahasanya.

5. Bahasa Terbanyak yang Digunakan di Wikipedia atau Wordpress

Di Asia, Wikipedia bahasa Indonesia masuk ke dalam peringkat ke-3 usai Jepang dan Mandarin. Sedangkan, di Wordpress dalam tayangan artikel blog masuk peringkat ke-3 terbanyak digunakan setelah bahasa Inggris dan Spanyol.

Bagi Anda yang sering mengakses dua website ini pasti sudah tahu bukan akan fakta bahwa bahasa Indonesia memang sepopuler itu di berbagai kalangan.

Bagaimana menarik bukan pembahasan mengenai sejarah bahasa Indonesia kali ini? Anda wajib berbangga karena ternyata bahasa milik negara Indonesia menjadi yang cukup populer di berbagai negara. Maka jangan lelah dan malas untuk mempelajarinya lebih dalam lagi.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah Bahasa Indonesia. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah dan bahasa serta menambah wawasan dalam informasi pendidikan.

Posting Komentar untuk "Sejumlah Fakta Menarik Terkait Sejarah Bahasa Indonesia"