Sejarah Telekomunikasi di Indonesia dan Perkembangannya

sejarah telekomunikasi

Telekomunikasi adalah suatu hal yang sangat krusial dalam kehidupan. Hal ini dikarenakan pentingnya sebuah komunikasi antar manusia untuk pertukaran informasi. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah telekomunikasi dunia dan sejarah telekomunikasi di Indonesia? Berikut informasinya untuk Anda.

Sejarah Telekomunikasi

Temuan pertama yang berkaitan dengan telekomunikasi adalah ditemukannya telepon genggam oleh Alexander Graham Bell pada 1875. Telepon genggam menjadi alat komunikasi pertama dengan jaringan kabel untuk komunikasi global.

Memasuki abad ke-20, transmisi suara tanpa kabel atau radio sudah muncul disusul hadirnya transmisi audio-visual tanpa kabel atau televisi. Radio dan televisi tersebut berfungsi untuk menyampaikan informasi dan berita publik.

Setelah itu, komputer elektronik mulai ditemukan. Perangkat telekomunikasi pun terus berkembang pesat, dan mengubah teknologi analog menjadi teknologi digital. Produk telekomunikasi yang menjadi unggulan sampai saat ini adalah telepon seluler.

Perkembangan Telekomunikasi di Indonesia

Perkembangan telekomunikasi beserta perangkat telekomunikasi tersebut berdampak positif tehadap perkembangan telekomunikasi di Indonesia. Kali ini akan dijelaskan bagaimana sejarah telekomunikasi di Indonesia dari awal hingga era digitalisasi di Indonesia saat ini, era saat banyaknya smartphone yang bermunculan.

Perkembangan tersebut telihat dari jaringan telekomunikasi yang terus mengalami peningkatan setelah hadirnya telepon seluler. Berikut ini adalah penjelasan sejarah jaringan telekomunikasi di Indonesia dari 1G hingga 5G.

Jaringan 1G

Teknologi jaringan seluler generasi pertama (1G) pertama kali diperkenalkan oleh PT Telkom dengan PT Rajasa Hazanah Perkasa menggunakan teknologi NMT (Nordic Mobile Telephone). Jaringan 1G memiliki frekuensi 450 MHz dan masih menggunakan sistem analog.

Jaringan 2G

Pada tahun 1992, jaringan 2G muncul dengan ditandai proyek percontohan kartu perdana seluler digital GSM oleh Telkomsel. Kemudian, PT Satelit Palapa Indonesia menjadi operator GSM pertama kartu SIM pada 1994, disusul oleh Telkomsel pada tahun 1995 dan PT Excelcomindo Pratama pada tahun 1996.

Jaringan 3G

Kehadiran jaringan 3G di Indonesia yaitu pada tahun 2005. Pada saat itu Telkomsel berhasil melakukan uji coba jaringan 3G menggunakan teknologi W-CDMA (Wideband-Code Division Multiple Access). Akhirnya, Telkomsel menjadi operator 3G pertama pada 2006 setelah uji coba berhasil.

Jaringan 4G LTE

Selanjutnya, jaringan 4G LTE dihadirkan oleh Telkomsel pada tahun 2013. Jaringan ini diluncurkan oleh Telkomsel sebagai operator pertama pada tahun 2014. Kecepatan jaringan 4G LTE sangat baik dan sudah mencakup hampir seluruh wilayah di Indonesia sebesar 95%.

Teknologi jaringan seluler terus ditingkatkan dalam upaya pelayanan publik yang berkualitas dan lebih baik. Yang terbaru adalah jaringan 5G yang digadang-gadang memiliki kecepatan 20 kali lebih cepat dari jaringan 4G LTE.

Jaringan 5G

Belakangan ini Telkomsel melakukan uji coba jaringan 5G berbagai wilayah sepanjang tahun 2019 silam. Lagi-lagi Telkomsel ingin menjadi operator pertama jaringan 5G yang menjadi jaringan seluler tercepat di Indonesia sebagai bentuk perkembangan di bidang telekomunikasi.

Saat ini, jaringan 5G sudah bisa digunakan, namun oleh beberapa perangkat smartphone yang mendukung. Pasalnya, sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan koneksi 4G dalam perangkat selulernya.

Kehadiran teknologi tebaru di bidang telekomunikasi ini tentu memiliki banyak manfaat untuk para pelanggan. Selain kecepatan atau bite rate yang tinggi, jaringan 5G memungkinkan Anda lebih mudah, aman, dan cepat dalam melakukan komunikasi dan mengakses segala informasi melalui jaringan digital.

Penutup

Ulasan tentang sejarah telekomunikasi di Indonesia di atas bisa menambah wawasan Anda terkait perkembangannya di dunia dan Indonesia. Komunikasi menjadi hal penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga perkembangan iptek terus dibutuhkan untuk peningkatannya.

Demikian tadi beberapa penjelasan tentang sejarah Telekomunikasi di Indonesia. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi teknologi.

Posting Komentar untuk "Sejarah Telekomunikasi di Indonesia dan Perkembangannya"