Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Perkembangan Digitalisasi di Indonesia Hingga Kini

sejarah digitalisasi di indonesia

Perkembangan teknologi digital mencakup hadirnya perangkat komputer, jaringan intenet, dan telepon seluler. Hal itu berdampak pada penerapannya secara global. Untuk mengetahui bagaimana sejarah perkembangan digitalisasi di Indonesia, simak ulasannya di bawah ini.

Sejarah Teknologi Digital di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, era digital tidak lepas dari perangkat dan berbagai pendukung di dalamnya. Dalam hal ini antara lain adalah komputer, koneksi internet, dan smartphone. Ini dia sejarah berkembangnya elemen-elemen digital tersebut di Indonesia.

Komputer

Pada tahun 1990 an, Personal Computer (PC) yang lebih canggih sudah hadir di Indonesia. Perangkat yang dimaksud yaitu komputer dan laptop. Berbagai sistem operasi windows juga bersamaan terus mengalami peningkatan.

Pada saat itu, juga sedang berkembang Pentium II yang diluncurkan oleh Intel Coorperation. Komputer dengan Pentium II ini sangat populer dan digunakan sabagai mesin ketik digital. Saat memasuki tahun 2000, terjadi perubahan akibat mulai berdirinya Windows XP.

Selanjutnya, di tahun 2002, Pentium IV muncul. Perkembangan terus terjadi pada sistem operasi windows dan dari Intel Coorperation. Hal tersebut didukung dari perkembangan perangkat seperti slim computer, tablet, laptop dan notebook.

Internet

Pelopor pertama adanya internet di Indonesia adalah UI. Awalnya, UINet sebagai ISP (Internet Service Provider) atau jasa penyedia internet terhubung ke UINet pada tahun 1984, sehingga ditetapkan sebagai ISP pertama di Indonesia.

Pada tahun 1992-1994, jaringan internet terus dikembangkan ke masyarakat, salah satunya oleh Paguyuban Network. Setelah itu, IndoNet mulai beroperasi di Indonesia secara komersil pada tahun 1994. Popularitas internet semakin pesat di tahun 200an saat marak berdinya bisnis warnet.

Setelah itu, jaringan internet merambak ke perangkat mobile semenjak munculnya jaringan 3G. Dari sinilah pengguna internet di Indonesia terus bertambah, yang awalnya sekitar 2 juta pengguna pada tahun 2000an, menjadi lebih dari 200 juta pengguna di tahun 2020.

Implementasi Digitalisasi di Indonesia

Setelah mengetahui sejarah perkembangan digitalisasi di Indonesia, selanjutnya akan dijelaskan pada Anda apa saja penerapan dari hadirnya teknologi digital tersebut yang banyak dijumpai hingga kini. Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi teknologi digital di era digitalisasi saat ini.

E-Banking

Pemanfaatan yang pertama yaitu dalam bidang perbankan. Penerapan TIK atau Digitalisasi ini berguna dalam menunjang layanan perbankan. Contohnya e-banking, aplikasi mobile banking, dan sejenisnya agar para nasabah dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah.

E-Commerce

Penggunaan teknologi digital juga sudah banyak digunakan dalam proses jual beli. Saat ini banyak dijumpai layanan e-commerce yang dapat memudahkan penjual dan pembeli bertransaksi hanya lewat marketplace online.

E-Government

Di bidang pemerintahan, teknologi digital juga sudah lama digunakan. Hal ini dapat membantu kinerja para karyawan dalam memanajemen hal-hal penting seperti pengarsipan atau berbagai layanan publik lainnya secara online.

E-Learning

Implementasi IPTEK juga dimanfaatkan dalam aktivitas pendidikan di sekolah. Dengan teknologi, sistem pembelajaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Contoh implementasi tersebut antara lain e-learning, website sekolah, dan perpustakaan online.

E-Health

Layanan kesehatan umum seperti rumah sakit, puskesmas, hingga klinik juga sudah menerapkan teknologi digital dalam lini kegiatannya. Contohnya saja adanya konsultasi online, apotek online, dan semacamnya.

E-Agriculture

TIK atau Digitalisasi juga sudah mulai diterapkan dalam bidang pertanian secara bertahap. Hal ini demi menunjang kegiatan budidaya hingga pemasaran yang diharapkan dapat mendongkrak sektor pertanian yang ada di Indonesia.

Penutup

Sejarah perkembangan digitalisasi di Indonesia tersebut turut membawa era digital terus diperbaharui dan mengalami peningkatan. Perkembangan teknologi digital tersebut juga memberikan banyak manfaat bagi segala bidang, seperti pendidikan, bisnis, dan kehidupan sehari-hari.

Demikian tadi beberapa penjelasan tentang sejara Digitalisasi di Indonesia. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi teknologi.

1 komentar untuk "Sejarah Perkembangan Digitalisasi di Indonesia Hingga Kini"