Sejarah Komputer dari Generasi Pertama hingga Artificial Intelligence

sejarah komputer dari generasi pertama

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Berbagai aktivitas manusia terbantu karena kemajuannya. Salah satu yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari adalah perangkat pengolah data dengan komputer. Namun, tidak banyak orang yang paham akan Sejarah Komputer.

Sejarah Komputer dari Masa ke Masa

Bagaimana awal mula penciptaannya? Simak ulasan mengenai sejarah komputer dari generasi pertama berikut.

1. Generasi Pertama (1946 - 1959)

Contoh komputer jenis ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer. J. Presper Eckert dan John Mauchly menciptakan ENIAC menggunakan komponen dasar 18.000 tabung vakum berukuran 180 kaki dengan berat sekitar 30 ton. Proses pembuatan program ini menghabiskan dana hingga 1 juta dollar.

Meskipun menghabiskan budget fantastis namun kemampuan komputer generasi ini masih sangat terbatas. Pemecahan masalahnya membutuhkan waktu yang lama, bahkan pengguna harus menggunakan punched cards dan pita kertas supaya mendapat hasil output berupa print out.

2. Generasi Kedua (1959 - 1965)

Rancangan komputer ini menggunakan komponen dasar teknologi transistor. Hasilnya lebih efisien daripada tabung vakum karena ukuran dan daya listriknya lebih kecil. Otomatis biaya pembuatannya pun semakin terjangkau. Untuk pemrogramannya sendiri mengadopsi bahasa Assembly dan simbolik.

Super komputer merupakan mesin pertama yang menggunakan teknologi ini. Sementara itu buatan IBM bernama sprery-rand dan stretch lalu menjadikannya komputer LARC. Pengembangannya berlanjut memanfaatkan energi atom. Pada 1965 perangkat generasi kedua menjadi alat untuk memproses keuangan bisnis.

3. Generasi Ketiga (1965 - 1971)

Meskipun komputer generasi ketiga menggunakan Integrated Circuit, namun juga masih memanfaatkan transistor namun dengan porsi ukuran kecil. Ini merupakan perangkat pertama yang bisa memfasilitasi operator untuk berinteraksi memakai keyboard dan monitor yang menampilkan sistem operasi.

Tahap perkembangan komputer generasi ketiga cukup pesat. Perangkat ini bisa menjangkau kalangan masyarakat umum karena biayanya lebih murah. Selain itu dalam penggunaannya banyak yang meninggalkan generasi kedua karena transistor membuat kinerjanya cepat panas. Ciri-cirinya yaitu:

  • Mampu berkomunikasi dengan komputer lain.
  • Daya listrik lebih hemat.
  • Kapasitas memori lebih besar.
  • Mampu melakukan multiprocessing.
  • Menggunakan IC sehingga kinerjanya lebih cepat.
  • Harga semakin terjangkau.
  • Menggunakan penyimpanan eksternal seperti disket magnetic.

4. Generasi Keempat (1971 - Sekarang)

Sekarang semua menggunakan komputer generasi keempat yang menggunakan komponen dasar mikroprosesor. Perusahaan paling berpengaruh dalam pengembangan perangkat ini adalah Intel. Mereka berhasil menciptakan cikal bakal komputer dengan ukuran lebih efisien.

Pada 1971 IBM membuat desain komputer khusus kalang rumahan. Sementara itu tahun 1984 barulah Apple menciptakan Macintosh. Kemajuan generasi keempat masih ada banyak lagi seperti terciptanya GUI (graphical user interface) mouse hingga laptop. Berikut beberapa cirinya:

  • Pemasarannya juga menargetkan sektor perorangan.
  • Bisa menggunakan large scale integration atau LSI.
  • Bermunculan komputer baru yang lebih efisien.
  • Memorinya menggunakan semikonduktor dan mikroprosesor berbentuk chip.

5. Generasi Kelima (Sekarang Hingga Masa Depan)

gambar komputer generasi pertama
Salah satu bentuk komputer generasi pertama

Meskipun teknologi saat ini sudah tampak sempurna namun tetap masih dalam tahap pembangunan. Tujuannya yaitu untuk menghasilkan perangkat yang mampu memberi respon menggunakan bahasa manusia.

Harapannya, komputer generasi kelima dapat mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan diri sendiri. Berikut beberapa ciri perangkat ini:

  • Menggunakan teknologi LSI dengan banyak pengembangan.
  • Semakin cepat memproses informasi.
  • Fitur di dalamnya terus berkembang.
  • Komputer hadir lebih canggih dengan kemampuan mendengar, melihat, berbicara dan menyimpulkan seperti manusia.

Penutup

Demikian ulasan mengenai sejarah komputer dari generasi pertama hingga sekarang. Ternyata untuk menjadi perangkat canggih seperti sekarang perjalanannya sangat panjang. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Komputer dari Generasi Pertama hingga Artificial Intelligence"