Bagaimana Sejarah Kota Banda Aceh? Berikut Pemaparannya

sejarah kota banda aceh

Sumatera merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal yang paling mencolok ialah dari adat istiadat dan budayanya. Salah satu daerah dengan cerita paling berkesan ialah mengenai sejarah kota Banda Aceh di ujung utara negeri ini.

Sejarah Kota Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu kota yang berada di daerah Sumatera dimana menjadi ibukota provinsi Aceh. Selain menjadi pusat segala kegiatan pemerintahan, tempat ini juga memiliki sejarah tak terlupakan dan berikut informasi singkatnya:

1. Masa Kesultanan Samudera Pasai

Adanya kesultanan Aceh sebelumnya diiringi dengan runtuhnya kerajaan bercorak Hindu yakni Sriwijaya yang mana memberi pengaruh besar di daerah Banda Aceh. Islam mulai masuk dan didirikannya Samudera Pasai pada abad 13 masehi.

Namun, keberadaannya tidak berlangsung lama karena mengalami keruntuhan. Samudera Pasai dikenal sebagai kerajaan Islam pertama yang ada di Indonesia. Keruntuhannya menyebabkan munculnya kesultanan Aceh.

2. Muculnya Kerajaan Aceh

Setelah kerajaan Samudera Pasai runtuh muncullah Kesultanan Aceh yang mana berdiri pada abad 14. Di bawah pimpinan Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh mampu menjadi salah satu kota yang kaya dan makmur.

Kerajaan ini pun sering diincar oleh berbagai negara khususnya para penjajah Inggris yang ingin menguasai daerah Sumatera Utara. Hal ini karena kejayaan dan keberhasilan sang raja dalam memimpin yakni Sultan Iskandar Muda.

3. Asal Mula Dijuluki Serambi Mekah

Salah satu bukti kejayaan pada masa Kesultanan Aceh ialah mendapat julukan sebagai Serambi Mekah. Dimana memiliki arti sebagai salah satu gerbang yang digunakan oleh para penyebar agama Islam untuk menyebarkan ajaran tersebut.

Hal ini menjadikan kota Banda Aceh semakin ramai dan menarik banyak perhatian tidak hanya pada orang-orang yang ingin belajar agama Islam namun juga para pedagang dari berbagai negara termasuk Portugis. 

4. Kedatangan Penjajah Portugis, Belanda dan Jepang

Sebagai salah satu gerbang masuknya negara lain ke Indonesia, daerah Banda Aceh juga menjadi tempat strategis para pedagang untuk berjualan aneka rempah-rempah dan barang lainnya. Hal ini pun dimanfaatkan oleh penjajah dari Portugis untuk menguasainya.

Penjajahan di wilayah Aceh terus berlanjut hingga akhirnya meletuslah peperangan bernama Perang Aceh tahun 1873 dengan Belanda yang menyebabkan jatuhnya Kesultanan Aceh. Kemudian, disusul kedatangan Jepang menggantikan koloni tersebut. 

5. Agresi Kedua Belanda

Di masa Agresi Kedua Belanda, seluruh pasukan Aceh dikeluarkan dari wilayah tersebut hingga jatuhnya Kesultanan Aceh. Saat itu sejarah kota Banda Aceh mengalami pergantian nama menjadi Kuta Raja oleh Van Swieten sebagai perayaan kemenangan dari rakyat Indonesia.

Namun, setelah Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan, wilayah tersebut jatuh kembali ke tangan rakyat Banda Aceh. Namanya pun kembali berganti sesuai keputusan pemerintah pada tahun 1963.

6. Banda Aceh Berdiri Sebagai Provinsi Tersendiri

Pada akhir tahun 1949, Banda Aceh remis keluar dari bagian wilayah Sumatera Utara dan berdiri sendiri sebagai Provinsi Aceh hingga saat ini. Pelepasan ini tentu menghadirkan banyak pro dan kontra utamanya di kalangan masyarakat.

kota banda aceh dari ketinggian
Suasana kota Banda Aceh yang diambil dari ketinggian

Setelah perjalanan sejarah yang cukup panjang mengenai status Aceh, maka pada tanggal 25 Mei 1959, daerah tersebut resmi menjadi provinsi tersendiri bernama Daerah Istimewa Aceh. Hal ini berdasarkan Undan-Undang nomor 18 tahun 1965 mengenai otonomi wilayah sendiri.

Penutup

Sejarah kota Banda Aceh tentu memberikan pelajaran tersendiri mengenai perjuangan dari rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kedaulatan wilayahnya. Untuk menghormatinya tentu sebagai generasi saat ini tetap mempelajari peninggalannya.

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah kota banda aceh. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sejarah Kota Banda Aceh? Berikut Pemaparannya"