Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sejarah Kota Palembang

sejarah kota palembang

Siapa yang tidak mengenal dengan kota tertua di Indonesia serta ibu kota dari Sumatera Selatan ini? Ya, sejarah Kota Palembang memiliki banyak cerita di dalamnya. Oleh karena itu, Anda wajib paham, tidak terkecuali untuk yang berada di luar Jawa.

Sejarah Kota Palembang

Palembang termasuk ke dalam salah satu kota terbesar di Sumatera dan tentunya memiliki sejarahnya sendiri. Awal mulanya berasal dari Kerajaan Sriwijaya yang sampai saat ini masih menjadi salah satu pusat perdagangan strategis.

Seiring dengan perkembangan zaman, sejarah kota Palembang telah berkembang pesat menjadi kota yang dikenal karena memiliki nuansa eksotis dan juga budayanya yang cukup unik. Tak hanya itu saja, kota ini masuk ke dalam kategori tertua dengan umur kisaran 1382 tahun.

Hal tersebut berdasarkan prasasti Sriwijaya yang biasa dikenal sebagai prasasti kedukan bukit. Menurut topografi, kota Palembang dikelilingi oleh air yang berasal dari berbagai sumber seperti rawa, sungai atau bahkan hujan.

Mengenal Lebih Dalam Kota Palembang

Sungai yang berada di Palembang yaitu sungai Musi adalah muara dari beberapa sungai lain seperti Komering, Lematang, Ogan dan juga Rawas. Nama Palembang sendiri sangat berkaitan erat terhadap letak geografisnya karena diduga berasal dari kata “lembang” atau “lembeng”.

Arti dari kata tersebut adalah tanah yang berlekuk atau posisi tanahnya yang rendah dan akarnya membengkak dikarenakan telah lama terendam air. Prasasti kedukan bukit merupakan salah satu bukti tertulis yang menunjukkan usia dari kota Palembang.

Prasasti tersebut ditemukan tepatnya di Bukit Siguntang tahun 683 Masehi saat masih berada pada masa kejayaan Sriwijaya. Sebuah informasi dari prasasti itu menyebutkan bahwa ibu kota kerajaan Sriwijaya (Kota Wanua) telah dibentuk 16 Juni 683 M lalu dijadikan sebagai hari lahir kota ini.

Beberapa Tempat Bersejarah yang Ada di Kota Palembang

jembatan ampera kota palembang
Jembatan Ampera sebagai icon kota Palembang

Setelah mengetahui beberapa sejarah, pembahasan selanjutnya adalah membahas mengenai tempat-tempat bersejarah di kota Palembang.

1. Jembatan Ampera

Destinasi yang pertama yaitu Jembatan Ampera, pasti Anda sudah kenal dengan ikon kota Palembang ini bukan? Jembatan ini dibangun di tahun 1962. Jembatan Ampera terletak di tengah kota sebagai aset penghubung jalan antara bagian hulu dan hilir kota Palembang yang dibelah oleh sungai musi.

2. Benteng Kuto Besak

Tempat Benteng Kuto Besak yang dulu dikenal sebagai sistem pertahanan pejuang saat masa penjajahan. Benteng Kuto Besak (BKB) terletak tak jauh dari jembatan ampera, didalamnya terdapat beberapa peninggalan pada masa penjajahan Belanda dan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

3. Masjid Agung Palembang

Kemudian Masjid Agung Palembang, merupakan salah satu hasil dari akulturasi budaya di Indonesia, dengan desain masjid yang menggabungkan etnik Eropa dan Tiongkok. Masjid Agung Palembang termasuk ke dalam wisata religi Tanah Sriwijaya.

4. Taman Purbakala Sriwijaya

Destinasi terakhir adalah Taman Purbakala Sriwijaya, salah satu tempat wisata bersejarah yang biasa disebut dengan Situs Karanganyar. Terdiri dari bekas pemukiman serta purbakala bahkan benda peninggalan, parit dan kolam dibiarkan ada agar hasilnya menyerupai karya manusia purba.

Berbagai Fakta yang Ada di Kota Palembang

Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan dan merupakan salah satu kota terbesar nomor dua di Sumatera. Tak hanya mempunyai destinasi yang beragam tapi memiliki banyak fakta yang begitu unik di sana. Apa saja itu?

Kota Palembang dikenal sebagai kota tertua dan terbersih di Indonesia. Bahkan uniknya lagi diberi julukan “The Venice From East” oleh orang Eropa. Identik juga dengan sungai Musi yang berasal dari “Mu Ci” (ayam betina melambangkan kesuburan).

Kota Palembang juga dikenal dengan memiliki Al-Qur’an terbesar se- Asia Tenggara. Letaknya tepat di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus. Karya tersebut diukur dari lembaran kayu dan menghabiskan paling banyak sekitar dua miliar rupiah.

Penutup

Demikian penjelasan singkat mengenai Sejarah Kota Palembang serta beberapa ringkasan destinasi dan hal unik yang terdapat di sana. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Jauh Mengenai Sejarah Kota Palembang"