Sejarah Kerajaan Samudera Pasai yang Ramai Dibicarakan

sejarah kerajaan samudera pasai

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai memang tidak segempar milik majapahit yang terkenal akan patih Gajah Mada. Namun, untuk menambah wawasan atau menilik warisan nusantara tidak ada salahnya untuk mempelajarinya secara detail.

Sejarah Singkat Kerajaan Samudera Pasai

Samudera Pasai merupakan kerajaan Islam pertama yang memiliki kekuasaan dan pengaruh besar pada masanya. Berdiri pada tahun 1267 M di Aceh, hal ini dibuktikan dengan penemuan arkeologis dengan adanya makam-makam yang terletak di dekat puing-puing bangunan tersebut.

Pusat Kerajaan Samudera Pasai ini terletak di Desa Beringin, kecacatan Samudra sekitar 17 km sebelah timur Lhokseumawe. Pemimpin pertamanya adalah Sultan Malik al-Saleh, yakni nama dari Meurah Silu Setelah masuk Islam berkuasa sekitar 29 tahun (pada 1297-1326 M).

Kerajaan Samudera Pasai sendiri Merupakan gabungan dari Kerajaan Pase dan Peurlak. Saat masa kejayaannya lokasi tersebut termasuk yang paling sering disinggahi oleh para pedagang dari berbagai penjuru mulai dari China, Arab, Siam, dan Persia.

Raja-raja yang Memimpin

Kerajaan tentu memiliki pemimpin, kejayaan dapat diraih dengan usaha dan kerja keras serta mampu mengerti apa yang di inginkan oleh masyarakat. Sejarah Kerajaan Samudera Pasai ini dapat memerintah sekitar tiga abad yakni dari abad ke 13 sampai 16 M.

  • Sultan Malikul Saleh (1267-1297 M)
  • Sultan Muhammad Malikul Zahir (1927-1326 M)
  • Sultan Muhammad Malik Az-Zahir (1326-1345 M)
  • Sultan Malik Az-Zahir (1345-1346 M)
  • Sultan Ahmad Malik Az-Zahir (1346-1383 M)
  • Sultan Zain Al-Abidin Malik Az-Zahir (1383-1405 M)
  • Sultan Nahrisyah (1405-1412)
  • Sultan salah Ad-Din (1402)
  • Sultan Abu Zaid Malik Az-Zahir (140-1455)
  • Sultan Mahmud Malik Az-Zahir (1455-1477)
  • Sultan Zain Al-‘Abidin (1477-1500)
  • Sultan Abdullah Malik Az-Zahir (1501-1513)

Kepemimpinan raja-raja tersebut membuat Sejarah Kerajaan Samudera Pasai menjadikan pemerintahaannya berjaya hingga tiga abad lamanya. Saat itu, sektor yang paling menjanjikan adalah menjadi pusat perdagangan di dunia. Pada masa itu barang yang paling banyak dijualbelikan adalah kapur barus, lada, serta emas. Untuk alat pembayaran, masih menggunakan emas (uang dirham).

Wilayah Kekuasaan dan Struktur Pemerintahan

gambar kerajaan samudera pasai
Gambaran kerajaan Samudera Pasai

Pusat kekuasaan dari Kerajaan Samudera Pasai adalah Wilayah Aceh. Keberhasilan dari kepemimpinan tidak dapat dipisahkan dengan struktur pemerintahan dan orang-orang yang berada di baliknya. Berikut adalah jabatan saat itu :

  • Seri Kaya Saiyid Ghiyasyuddin sebagai perdana menteri
  • Sayyid Ali bin Ali Al Makarani, sebagai Syaikhul Islam
  • Bawa Kayu Ali Hisamuddin Al Malabari sebagai menteri luar negeri.

Selain itu terdapat gelar lain seperti laksamana untuk panglima angkatan laut, qadi seorang mahkamah agama, dan masih banyak lainnya.

Bidang Politik dan Ekonomi

Kerajaan Samudera Pasai ini didirikan oleh Sultan Malikul Saleh, pada masa kepemimpinannya datang seorang musafir dari Venetia (Itali) bernama Marcopolo. Berdirinya kerajaan ini mengalami perkembangan pesat dengan terus menjalin hubungan baik dengan kerajaan lain.

Salah satu alasanya yaitu letaknya yang strategis dan dekat dengan wilayah pesisir pulau Sumatera. Maka tidak heran jika membuat kerajaan Samudera Pasai unggul di bidang maritim dan bandar transito perdagangan.

Akan tetapi beberapa waktu pun terus berlalu dan mengalami penurunan hingga akhirnya dikalahkan oleh kerajaan lain. Masa keruntuhannya di mulai dari serangan oleh Kerajaan Siam (keterangan tersebut terdapat dalam sejarah Melayu).

Namun untuk sekedar mengenang kejayaan kerajaan ini, Anda bisa mengetahuinya lewat beberapa prasasti. Seperti Cakra Donya, Naskah Surat Sultan Zainal Abidin, Stempel Kerajaan, Nisan Sultan Malik As-Shalih, Nisan Sultanah Nahrasiyah ataupun Makam Sultan Muhammad Malik Al- Zahir.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sejarah kerajaan Samudera Pasai. Semoga dengan memahami pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Sejarah Kerajaan Samudera Pasai yang Ramai Dibicarakan"