6 Sejarah Kota Bandung yang Harus Anda Ketahui

sejarah kota bandung yang harus diketahui

Salah satu hal yang menarik untuk menjadi bahan perbincangan adalah Sejarah Kota Bandung. Lantas bagaimana awal mula terbentuknya daerah dengan julukan Paris Van Java ini? Pasti tidak semua orang banyak yang ingin tahu.

Sejarah Asal Mula Nama Bandung

Nama kota ini tercipta dari kata bendung atau bendungan. Hal tersebut sesuai dengan terbentuknya kawasan Bandung yaitu menyebarnya material letusan gunung Sunda hingga membendung aliran sungai Citarum.

Jika mengambil sumber dari filosofi Sunda, asal mula nama kota Bandung menyadur salah satu kalimat sakral dan luhur berbunyi “Nga-Bandunga-an Banda Indung”. Artinya yaitu tempat bagi semua makhluk hidup maupun benda mati yang menempati tanah pertiwi dan disaksikan yang Maha Kuasa.

Terbentuk dari Letusan Gunung Sunda

Sekitar 210.000-128.000 tahun lalu Gunung Sunda di pulau Jawa, tepatnya daerah Jawa Barat meletus dengan dahsyat hingga dindingnya runtuh. Materialnya memenuhi area sekitar termasuk sungai Citarum.

Efek letusannya juga membentuk kaldera besar menjadi danau Bandung Purba dan di dalamnya muncul gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu meletus beberapa kali. Letusan tersebut membagi Danau Purba Bandung menjadi dua yaitu bagian barat dan timur.

Seiring berjalannya waktu, aktivitas gempa mengikis danau menjadi gua sekaligus mengeluarkan airnya hingga kering. Setelah itu terbentuklah wilayah Bandung yang sekarang ini.

Lantas bagaimana sejarah lainnya?

1. Ibu Kota Pertama Bandung

Dulu, sebelum menjadi kota sendiri yang terpisah dengan kabupaten Bandung, yaitu daerah Karapyak. Sekarang bernama Dayeuhkolot merupakan salah satu pusat pemerintahan sekaligus perusahaan dagang Hindia Belanda di Jawa Barat.

Perusahaan dagang Belanda atau yang lebih terkenal dengan sebutan VOC memusatkan kekuasaan perdagangannya di daerah tersebut. Oleh karena itu Dayeuhkolot merupakan ibu kota pertama Bandung.

2. Penetapan Bandung Sebagai Kota

Pada tahun 1799 kekuasaan VOC berakhir dan bangkrut. Mengatasi hal tersebut Pemerintah Hindia Belanda mengganti beberapa pejabat. Salah satunya menunjuk Herman williem Deandels menjadi gubernur jendral pertama. Lalu, ia memerintahkan bupati R.A Wiranatakusumah II memindah ibu kota kab. Bandung.

Deandels menunjuk lokasi di titik 0 kilometer atau yang saat ini menjadi jalan Asia-Afrika. Surat pengesahannya keluar pada 25 September 1820. Akhirnya hingga kini warga pun memperingati tanggal tersebut sebagai hari jadi kota Bandung.

3. Rencana Pemindahan oleh Bupati

Pada tahun 1809 tanpa sepengetahuan gubernur jenderal Belanda Herman W. Deandels, sebenarnya Bupati R.A Wiranatakusumah II sudah membuat rencana pemindahan penduduknya. Meskipun saat itu wilayahnya masih berupa hutan ia telah menemukan lokasi yang strategis sebagai ibu kota.

Bupati Bandung R.A Wiranatakusumah II juga telah berniat akan mengimbau warga untuk menempati area yang lebih ke utara. Berkaitan dengan hal ini saat itu disana memang sudah ada pemukiman. Wilayah tersebut yaitu Cikapundung Kolot, Kampung Bogor dan Cikalintu.

Sejarah Stasiun KA Gerbang Utama Bandung

Stasiun yang berada di Jalan kebon kawung ini sudah ada sejak 17 mei 1884. Pembangunannya bersamaan dengan peresmian jalur kereta api Batavia-Bandung, sekarang menjadi (Jakarta-Bandung). Selanjutnya, pemerintah juga meresmikan jalur lain yaitu Bandung-Surabaya.

Ide pembangunan stasiunnya sendiri berkaitan dengan pembukaan perkebunan di wilayah Bandung sehingga menjadi gerbang utama menuju Kota Kembang ini. Seiring waktu bangunannya mengalami perubahan serta perbaikan secara menyeluruh meliputi:

  • Pada 1920 pemerintah Hindia Belanda memperbesar bangunan stasiun dengan gaya arsitektur kolonial.
  • Pada 16 april 1925 untuk memperingati 50 tahun Staatsspoorwegen pemerintah Hindia Belanda membangun monumen di depan pintu selatan stasiun.
  • Pada 1931 terjadi perombakan besar-besaran pada bangunan stasiun mengadopsi gaya arsitektur art deco rancangan Dr. Ir. J. W Ijzerman. Perombakan terakhir terjadi pada 1990.

Demikian ulasan mengenai sejarah Kota Bandung yang harus diketahui, diharapkan Anda paham dengan jelas beberapa ulasan di atas.

Posting Komentar untuk "6 Sejarah Kota Bandung yang Harus Anda Ketahui"