Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Eropa

penjelajahan samudra oleh bangsa eropa

Sejak abad ke-5, bangsa Eropa sudah mengenal rempah-rempah yang berasal dari indonesia. Pada awalnya, hasil bumi dari Indonesia dan wilayah lainnya di Asia sampai ke Eropa melalui sistem perdagangan berantai. Para pedagang India, Persia, dan Arab membawa rempah-rempah dari Indonesia menuju ke daerah Teluk Persia dan Laut Merah.

Setelah melewati Teluk Persia dan Laut Merah, rempah tersebut diangkut melalui jalur darat oleh para pedagang Persia dan Arab ke pelabuhan di pantai Laut Tengah bagian timur, seperti iskandariah, Tirus, Sudan, dan Konstantinopel.

Awal Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Eropa

Para pedagang Eropa kemudian membeli dan membawa rempah-rempah dari Indonesia tersebut ke pelabuhan di Eropa Selatan seperti Venesia dan Genoa untuk dipasarkan ke Eropa Barat dan Eropa Utara.

Hubungan perdagangan antara Eropa dan Asia Barat melalui Laut Tengah tersebut mengalami kemunduran setelah terjadinya Perang Salib (1096-1291). Sesudah Perang Salib muncul lah kekuasaan baru di-Asia Barat, yaitu Kerajaan Turki Usmani.

Setelah berakhirnya perang tersebut Kerajaan bangsa Turki mempersulit kedatangan para pedagang Eropa di daerah kekuasaannya, sehingga perdagangan antara Eropa dan Asia mengalami kemunduran. Oleh karena itu, wilayah di sekitar Laut Tengah yang sebelumnya ramai dikunjungi para pedagang dari berbagai negara menjadi sepi, bahkan hampir tidak ada orang yang berkunjung.

Akhir dari Penjelajahan

Kebijakan Kerajaan Turki tersebut juga menyebabkan keguncangan perkonomian di wilayah sekitar Laut Tengah. Terlebih lagi terdampak pada masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang.

Kemunduran perdagangan di Laut Tengah dan terputusnya hubungan dagang antara Asia dan Eropa menimbulkan kesulitan bagi bangsa Eropa untuk mendapatkan rempah-rempah, sehingga rempah-rempah dari Indonesia menjadi barang langka dan memiliki harga jual yang sangat mahal.

Selanjutnya, akibat dari langkah nya rempah-rempah tersebut mendorong semangat bangsa Eropa yang berusaha menemukan jalur pelayaran langsung ke Asia untuk mencari rempah-rempah melalui penjelajahan samudra.

Faktor Pendorong Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Eropa

faktor pendorong penjelajahan samudra
Ilustrasi Kompas

Setelah mengalami kesulitan akibat jalur perdagangan dipersulit, pengunjung yang sepi, dan rempah-rempah menjadi langkah, akhirnya Bangsa Eropa memutuskan untuk melakukan penjelajahan samudra.

Faktor lain yang mendorong penjelajahan samudra oleh bangsa eropa, antara lain sebagai berikut.

  1. Bangsa Eropa berkeinginan untuk mendapatkan rempah-rempah dengan harga lebih murah.
  2. Adanya perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi seperti penemuan kompas, sehingga dapat memperlancar kegiatan penjelajahan samudra.
  3. Adanya keinginan untuk menyebarkan agama kristen ke luar benua eropa.
  4. Adanya keinginan untuk membuktikan pendapat bahwa bentuk bumi adalah bulat seperti yang dikemukakan oleh Copernicus (1473-1543).
  5. Semangat mencari daerah baru juga didorong oleh semangat 3G. Semangat 3G adalah, gold (ekonomi), gospel (agama), dan glory (kemuliaan).

Melalui penjelajahan samudra, bangsa-bangsa Barat berhasil mencapai wilayah Indonesia. Pada awalnya, kedatangan bangsa Eropa di Indonesia hanya bertujuan untuk berdagang. Lambat laun, mereka berusaha menanamkan kekuasaannya di Indonesia.

Babak baru sejarah imperialisme dan kolonialisme dimulai dengan dikuasainya wilayah Indonesia oleh penjajah Belanda. Dengan kekuatan militernya, Belanda mampu menjadikan Indonesia sebagai jajahannya selama berabad-abad.

Bebagai kebijakan negara kolonial di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya tersebut mengakibatkan terjadinya kemiskinan dan penderitaan pada masyarakat Indonesia. Banyak rakyat yang menderita akibat dari kebijakan yang tidak relevan itu.

Penutup

Setelah membaca artikel ini anda diharapkan dapat menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, serta kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia masa kolonial. Serta mengidentifikasi perkembangan kolonialisme serta imperialisme Barat di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai Penjelajahan samudra oleh Bangsa Eropa. Semoga pembahasan tersebut dapat memberikan pelajaran dan pengetahuan tentang sejarah serta menambah wawasan dalam informasi sejarah.

Posting Komentar untuk "Penjelajahan Samudra oleh Bangsa Eropa"